6 MANFAAT LARI / JOGGING

Bismillah… Sudah lama tidak update blog ini. Agar blog ini tetap update, saya coba share beberapa pengalaman, tips dan informasi seputar kesehatan dan jogging/lari. Alhamdulillah, sudah beberapa tahun ini cukup aktif jogging, walau beberapa bulan terakhir ini sudah agak menurun intensitasnya karena kesibukan dan hal lain…

Dulu, sebelum aktif jogging, apalagi pasca menikah, berat badan saya naik drastis, nyaris 90 kg-an dengan tinggi badan 179 cm. Padahal sebelum nikah berat badan hanya 70 kg-an. Jujur saja, cari celana dan pakaian agak susah. Selain itu, badan mudah sekali lelah, lemas dan bawaannya selalu pengen bermalas-malasan.Kondisi seperti ini membuat saya sangat tidak nyaman dan merasa tidak mensyukuri atas nikmat yang Allah berikan (yaitu kewajiban untuk mesyukuri nikmat sehat dengan cara memelihara dan menjaganya). Maka dari itu, saya mulai sedikit demi sedikit berolah raga dan menjaga makanan (baca : mengonsumsi makanan sehat dan mengurangi makanan tidak sehat).

Dari kesemua jenis olah raga yang sering saya kerjakan -karena mudah dan murah-, adalah jogging alias running alias lari. Insya Allah saya akan menurunkan beberapa tulisan berkaitan dengan pengalaman berlari ria. Untuk kesempatan ini, sebagai motivasi awal, saya akan menurunkan artikel 6 MANFAAT JOGGING, yang saya sarikan dari situs ini.

Apa saja manfaat jogging :

1. LARI MENINGKATKAN KESEHATAN KITA
Ini kita semua insya Allah sudah pada tahu bahwa lari secara rutin sangat bermanfaat bagi kesehatan. Lari dapat melancaran peredaran darah, menyehatkan jantung dan paru-paru, menurunkan kolesterol dan menghancurkan clot penyumbat darah pencetus stoke, menguatkan imunitas tubuh, dll.

Pengalaman saya selama berlari secara rutin, jarang sekali terkena penyakit walaupun itu flu atau influenza. Sekalipun terkena sakit, dengan izin Allah cepat pulih dan kembali sehat.
2. LARI MENCEGAH PENYAKIT

Meningkatnya kualitas kesehatan tubuh kita, menyebabkan imunitas tubuh kita juga baik, sehingga lari sangat membantu dalam mencegah penyakit. Penelitian medis menunjukkan bahwa lari secara rutin dapat mencegah stroke, darah tinggi, diabetes, osteoporosis bahkan kanker sekalipun.
3. LARI MENURUNKAN BERAT BADAN

Memiliki berat badan ideal itu dambaan setiap orang. Karena berat ideal adalah berat pertengahan yang merupakan salah satu indikasi kesehatan seseorang. Terlalu berat (overweight) termasuk kekurangan berat adalah tidak baik. Lari secara rutin dapat menjaga berat badan ideal, menurunkan berat badan berlebih, membakar lemak dan menambah massa otot (selama tidak berlebihan).
4. LARI MENGHILANGKAN STRESS

Stress dapat disebabkan oleh banyak hal, diantaranya faktor kesehatan dan mood (suasana hati) seseorang. Lari dapat membantu menjaga kesehatan dan menghilangkan stress. Pengalaman saya, jika ada masalah yang menimpa, maka dengan berlari pagi setengah jam sudah dapat mereduksi beban fikiran yang yang dapat mencetuskan stress.
5. LARI DAPAT MENAMBAH KEPERCAYAAN DIRI (PEDE).

Kenapa lari bisa menambah pede? Bukan sekedar masalah penampilan fisik yang ideal, namun lebih kepada ketenangan setelah berlari, dimana tubuh akan lebih relaks, peredaran darah lancar, aliran nafas teratur, fikiran lebih jernih, konsentrasi lebih baik, produktivias meningkat. Selain itu saat berlari kita akan berpacu dengan waktu, target, pace, kecepatan dll. Sehingga kita akan lebih siap menjalani aktivitas harian.
6. LARI DAPAT MENGHILANGKAN DEPRESI

Manusia terkadang mengalami masalah dalam hidupnya yang membuatnya tertekan dan depresi.  Sayangnya banyak diantara mereka berupaya menghilangkan (baca : mengalihkan) depresinya dengan hal-hal yang malah menambah depresi, seperti clubbing, minum alcohol dll. Berolahraga, termasuk berlari saat depresi dapat menekan dan menghilangkan depresi. Selama beberapa menit kita berlari, maka otak akan mengeluarkan berbagai hormone yang akan memperbaiki mood dan menenangkan fikiran. Apalagi jika kita berlari sembari mendengarkan murottal atau lantunan bacaan al-Qur’an, maka ini akan semakin membantu mengeliminir (atai setidaknya mereduksi) depresi.

Sebenarnya masih bahyak manfaat lain dari lari secara rutin. Namun semoga 6 manfaat di atas sudah cukup dan memadai bagi kita untuk mulai bergerak dan berlari. So, sobat… jangan lupa, besok pagi selepas sholat shubuh, kenakan sepatu lari dan berlarilah… langkahkan kaki dengan gembira… Mulailah harimu dengan berlari, niscaya harimu akan bersinar…

Semoga bermanfaat…

 

Iklan

Penulis: @abinyasalma

A Father to his precious Daughter | A Husband to his lovely wife | A Sunni Muslim | Writer - Translator - Blogger | Love to Run | @abinyasalma

Pembaca yang baik meninggalkan komentar yang baik

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s