LARI (JOGGING) BAGI PEMULA


Sahabat, berikut ini beberapa catatan dan saran bagi yang ingin memulai hidup sehat dengan rutin berlari (jogging). Ingat, tubuh anda butuh adjustmen (penyesuaian), karena itu jangan memaksakan diri yang malah nantinya bukan sehat yang didapat, namun injury (kecelakaan).

Pertama : Mulailah dengan pemanasan (Warming Up). Pemanasan bisa dilakukan dengan cara berjalan kaki selama beberapa menit. Lebih baik pula diawali dengan stretching agar otot-otot anda tidak kaget. Ingat, tubuh anda terbiasa bersantai, ketika akan menghadapi aksi yang cukup berat, otot-otot dan persendian anda akan mengalami stress. Karena itu, awali dengan pemanasan.

Kedua : Mulailah berlari dengan santai (pelan). Jangan memulai lari dengan sprint (lari cepat). Karena hal ini akan menyebabkan tubuh anda kaget, sehingga malah berbahaya, baik bagi jantung anda, maupun otot dan persendian. Berlarilah dengan santai, rileks dan tenang.

Ketiga : Berlarilah dengan benar. Posisi lari yang benar adalah ketika menapakkan kaki tidak dengan cara meghentak. Selain itu, hindarkan meletakkan tumit terlebih dahulu saat berlari, namun upayakan jari-jari kaki anda menyentuh jalan seiring dengan telapak kaki menyentuh. Ini akan memerikan efek menahan benturan, yang seringkali menyebakan persendian kaki sakit.

Keempat : Kombinasi lari dengan jalan. Iya, jangan memaksakan untuk berlari non stop. Jika anda merasakan nafas anda sudah berat dan dada anda panas, apalagi jika anda merasakan persendian lutut dan betis sudah kejang, lebih baik anda berjalan. Hentikan lari anda, dan berjalanlah dengan rileks, sembari menagatur napas.

Kelima : Kenalilah tubuh Anda. Jangan memaksa tubuh anda. Jika Anda merasakan tubuh anda lelah, maka istirahatlah. Jangan memaksakan diri. Berikutnya, ulangi kembali. Anda akan dapati bahwa tubuh anda akan melakukan penyesuaian.

Keenam : Jangan makan atau sarapan sebelum lari. Berlarilah dalam kondisi perut kosong di pagi hari. Silakan anda minum air, atau menikmati secangkir kopi hitam tanpa gula (jika anda tidak memiliki gangguan mag) atau secangkir the (lebih baik teh hijau), karena kopi. teh memiliki antioksidan tinggi yang akan menetralisir radikal bebas saat anda berlari.

Ketujuh : Gunakan sepatu lari yang nyaman dan ringan. Anda tidak perlu membeli sepatu lari yang branded dan mahal. Namun, kenakan sepatu yang ringan dan nyaman. Tidak berat, terlalu sempit atau longgar. Jika anda sudah merasakan enjoy dengan berlari, maka silakan anda membeli sepatu yang lebih baik.

Kedelapan : Carilah rute dan track lari yang mudah. Bagi pemula, jangan mencari track lari yang berat, yang bergelombang, menanjak apalagi tekstur jalan berbatu. Karena ini malah dapat menyebabkan anda cedera. Jika anda sudah terbiasa, maka silakan cari medan track yang lebih menantang.

Kesembilan : Berlarilah dengan target waktu. Ya, mulailah dengan lari kombinasi dengan berjalan minimal 20 menit. Terus tambahkan waktu seiring dengan bertambahnya intensitas latihan. Selain itu, kurangi pula kombinasi lama waktu berjalan, sehingga anda bisa berlalri non stop setidaknya 30 menit dalam sehari. Setelah itu silakan tambah kecepatan dengan melihat jarak yang anda tempuh.

Kesepuluh : Bersabarlah dan istiqomah. Lebih baik anda berlari dengan pelan dan sedikit demi sedikit namun konsisten, daripada berlari jauh yang menyebabkan cedera, lalu anda tidak kembali lagi berlari.

Kesebelas : Asuplah nutrisi dan beristirahat yang cukup. Pilihlan nutrisi yang berkualitas, yang rendah karbohidrat, namun kaya akan serat dan protein. Jangan lupa istirahat yang cukup. Tidurlah setidaknya 6-8 jam dalam sehari, agar tubuh anda mendapatkan istirahat yang cukup dan memadai.

Semoga bermanfaat.

Iklan

Penulis: @abinyasalma

A Father to his precious Daughter | A Husband to his lovely wife | A Sunni Muslim | Writer - Translator - Blogger | Love to Run | @abinyasalma

Pembaca yang baik meninggalkan komentar yang baik

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s